Setiap orangtua kerap merasa pusing ketika anaknya rewel. Bukan hanya karena sangat mengganggu, namun orangtua juga sering lelah menerka-nerka apa penyebabnya anak rewel.

Ya, siapa yang tak pusing dengan anak rewel? Bukan karena mereka nakal kok, Moms. Ada alasan yang kadang membutuhkan respon cepat dari Moms atau Dads. Tapi apa saja sih alasan tersebut?

Cek apakah ia mengalami KOLIK?

Jika mereka menangis tanpa henti, menekuk punggunya, meluruskan kakinya dan menarik lutut ke arah dada, bisa jadi mereka kolik. Moms bisa membaringkannya dengan posisi menghadap ke bawah dan gunakan lengan sebagai penopang. Jangan lupa untuk memberinya susu dengan posisi tegak. Gendong dan ajaklah mereka berjalan-jalan ketika menangis.

Cek apakah ia mengalami SEMBELIT?

Lihat wajahnya, jika mereka tegang dan memerah, serta menangis tanpa henti, bisa jadi mereka mengalami sembelit. Cobalah memberikan air putih, memijat perutnya, dan berikan bubur buah. Jangan berikan pisang dulu ya, Moms.

Ilustrasi orangtua dan anak menangis. (Parents magazine)

Cek apakah mereka mengalami SAKIT TELINGA?

Jika si Kecil suka mencengkram bagian telinga dan demam, bisa jadi ada masalah pada bagian telinganya. Bayi juga bisa muntah dan tak enak badan. Moms bisa mengompres telinganya dengan air hangat, berikan obat penghilang rasa sait seperti paracetamol untuk bayi di atas 3 bulan, atau bisa mengunjungi dokter anak.

Baca juga: Duh, Posisi Duduk W Bisa Ganggu Perkembangan Anak

Cek apakah mereka mengalami RUAM POPOK?

Ruam popok bisa jadi membuat anak menjadi rewel. Moms bisa mengecek apakah ada kemerahan di selangkangannya, kulit pecah-pecah atau bahkan luka. Jika sudah demikian, jangan biarkan popoknya penuh dalam waktu lama dan berikan krim diapers.

Cek apakah GIGI mereka mulai tumbuh?

Tumbuh gigi adalah hal normal dialami semua anak hingga mereka rewel. Jika mereka sering memasukkan jarinya ke mulut, gusinya memerah dan sering terlihat tak nyaman, Moms bisa memberinya teether dingin yang sudah didinginkan di kulkas.

Demikian beberapa penyebab anak rewel yang sering dijumpai banyak orangtua. Semoga bisa membantu Moms ya!

 

Tags:
0 shares
Previous Post

Hal Lucu tentang Dads, Bikin Kesel Loh!

Next Post

Ciri Ketika Anak Berbohong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ciri Ketika Anak Berbohong