Mungkinkah si kecil termasuk anak jenius dengan IQ tinggi? Cek ciri-ciri anak jenius di sini yuk Moms!

Membanggakan pasti jika Moms memiliki buah hati yang jenius dengan IQ tinggi. Lalu bagaimana sih kita bisa mengetahui bahwa si kecil lebih dari sekedar pintar? Moms bisa mengenalinya dari ciri-ciri anak jenius di sini.

  1. Banyak bertanya

Ciri anak jenius yang pertama adalah selalu memliki banyak pertanyaan karena keingin tahuannya yang besar. Pertanyaan-pertanyaan seperti apa? Mengapa? Darimana? Kok bisa? Akan keluar dari mulut anak jenius setiap hari. Tak jarang orang tua akan kewalahan untuk memenuhi rasa ingin tahunya.

  1. Ingatan yang tajam

Anak yang jenius dapat menyimpan beribu informasi dalam ingatannya. Itulah mengapa Ia bertanya dan Moms harus menjawab dengan detail. Jangan remehkan pertanyaan tidak berbobot yang dilontarkan anak, karena sangat berpengaruh kepada perkembangan otaknya.

  1. Memiliki kosakata lebih banyak

Ketika anak berusia 15 bulan anak mulai bicara sepatah dua patah kaya. Nah, ciri anak jenius adalah sudah berbicara dengan merangkai kalimat pendek lebih awal dari teman sebayanya.

  1. Berkonsentrasi

Anak-anak biasanya mudah teralihkan ketika sedang mengerjakan sesuatu pekerjaan. Contohnya ketika ia sedang berlatih menulis, lalu ada temannya yang mengajak bermain, biasanya anak akan teralihkan dan meningkalkan latihan menulisnya. Tidak dengan anak jenius, ia bisa membedakan apa yang menjadi prioritas. Kebiasaan ini bisa Moms latih sejak dini lho, karena ini akan menjadi kebiasaannya hingga dewasa.

  1. Gemar membaca buku

Jika saat usia prasekolah si kecil sudah bisa betah berlama-lama dalam membaca buku, ini tanda bahwa si kecil tak sekedar pintar. Moms bisa memulai kebiasaan membaca ini sejak dini, agar si kecil gemar membaca hingga dewasa.

  1. Pintar berimajinasi

Si kecil punya teman imajinasi? Moms tidak perlu khawatir karena hal ini sangat normal, 85% anak punya teman imajinasi. Inilah salah satu ciri-ciri anak jenius yaitu memiliki imajinasi yang kuat.

  1. Punya banyak energi

Anak yang punya banyak energi beda dengan anak hiperaktif yang cenderung kehilangan fokus. Anak jenius walaupun gerakannya aktif, ia tetap bisa menyelesaikan suatu tugas walaupun membutuhkan waktu.


Tags:
0 shares
No Previous Post
Next Post

Tips Aman Menyusui Saat Berpuasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips Aman Menyusui Saat Berpuasa