Biang keringat kerap muncul pada bagian tubuh bayi seperti di leher, ketiak, dahi, punggung, selangkangan, dan bagian tubuh lainnya. Begini cara mengatasinya lho Moms.

Biang keringat pada bayi memang bukan masalah yang bisa menimbulkan risiko fatal, namun terkadang membuat bayi rewel. Masalah ini muncul karena cuaca lembab dan panas atau bila si kecil sedang demam. Bayi sangat rentan mengalami masalah kulit ini karena pori-pori mereka lebih kecil, juga saluran keringat yang belum berkembang sepenuhnya.

Moms bisa menerapkan tips-tips di bawah ini untuk meminimalisir munculnya biang keringat pada bayi, diantaranya adalah:

  • Pilihlah pakaian dengan bahan serat alami dan longgarkan pakaian yang dikenakan si kecil. Hindari pakaian dari kain sintetis seperti nilon dan poliester ya Moms. Karena bahan ini akan merangkap panas.
  • Jagalah agar kulit bayi tetap dingin. Moms bisa mendinginkan kulit yang bermasalah dengan menggunakan kain basah.
  • Hindari udara yang lembab dan panas. Jaga si kecil agar selalu berada di ruangan yang sejuk dan teduh. Jika Moms menggunakan kipas angin atau AC, jangan mengarahkan angin ke tubuh si kecil. Pastikan juga si kecil mendapat asupan cairan yang cukup untuk mengganti semua keringat yang keluar agar terhindar dari dehidrasi.
  • Terlalu sering digendong bisa memperparah biang keringat lho! Karena tubuh Moms mengalirkan suhu panas ke tubuh si kecil. Jika cuaca sedang panas biarkan si kecil berbaring di ranjang, merangkak, atau bermain sendiri. Karena semakin sering digendong, si kecil akan mudah kepanasan.
Bahan-bahan alami juga bisa Moms gunakan untuk mengobati biang keringat pada bayi. Apa saja?

Tepung kanji

Tepung kanji sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi masalah kulit ini. Karena dapat meminimalisasi rasa gatal dan memiliki sensasi dingin.

Mentimun

Buah mentimun yang dihaluskan juga bisa mendinginkan kulit yang ditumbuhi biang keringat. Balurkan ke kulit bayi dan biarkan selama 5 menit lalu bersihkan.

Lidah buaya

Tumbuhan ini juga bisa mendinginkan kulit bayi. Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi sehingga cocok untuk mengatasi biang keringat yang meradang. Caranya, balurkan lendir lidah buaya pada kulit yang bermasalah, biarkan 20 menit, kemudian mendikan bayi dengan air dingin.

Tags:
0 shares
Previous Post

Tips Aman Menyusui Saat Berpuasa

Next Post

Kapan Sebaiknya Mengajarkan Anak Berpuasa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kapan Sebaiknya Mengajarkan Anak Berpuasa?