Mulai sekarang, Moms harus mulai berpikir ulang untuk memangku anak di kursi depan mobil karena bisa berbahaya. Maka itu, sudah waktunya si Kecil menggunakan car seat.

Risiko memangku bayi di kursi depan mobil bisa berupa tubuhnya terjepit, terbentur dasbor, atau terpelanting kaca mobil. Untuk itu penggunaan car seat harus mulai dipikirkan.

Baca juga: Agar Anak Tak Mabuk Perjalanan

Menggunakan car seat nyatanya bisa mengurangi risiko cedera dan meninggal saat kecelakaan hingga 70 persen. Untuk bayi berusia 0-1 tahun, guncangan yang relatif kecilpun dapat berpengaruh pada otak karena tempurung kepalanya belum terbentuk sempurna.

Tulang rusuk dan panggul yang belum stabil juga tak bisa membuatnya duduk sempurna seperti orang dewasa. Untuk balita, pembentukan tulangnya belum sempurna sehingga butuh kursi khusus untuk melindungi tulang yang belum kuat. Walau demikian, hal ini harus dibarengi dengan penggunaan car seat yang tepat.

Penggunaan car seat akan efektif jika mengikuti aturan yang benar. (news.leonardo.it)
Begini cara tepat menggunakan car seat
  1. Untuk anak usia di bawah 2 tahun, pilih kursi bayi yang dipasang di belakang dan posisinya berlawanan dengan posisi duduk penumpang. Ini bisa mengurangi risiko cedera dan tubuh si Kecil terkena kantong udara yang mengembang seketika. Jenis kursi ini dinamakan rear-facing car seats.
  2. Untuk anak usia 2-4 tahun atau tak leibih dari 20 kg, bisa digunakan pada kursi yang menghadap ke depan dan tetap di kursi belakang. Jenis kursi ini dinamakan forward facing.
  3. Untuk anak yang lebih dari 18 kg, gunakan booster seat. Booster seat bisa dipakai hingga anak berusia 8 tahun.
  4. Moms juga harus memperhatikan kapasitas maksimal kursi yang digunakan, apakah sesuai dengan berat dan tinggi badannya.
  5. Sabuk pengaman harus sesuai dengan postur tubuhnya. Sabuk pada bagian bawah sebaiknya melintang di bagian atas perut, dan sabuk atas melintang pada bagian dada dan bukan pada leher.
  6. Kursi harus memiliki label sertifikasi keamanan.
  7. Sebaiknya gunakan car seat baru afar kunci pengaman tidak kendur dan pengaut masih berfungsi sempurna.

Tentu tak ingin kan, car seat yang Moms miliki justru tak bermanfaat bagi si Kecil? Untuk itu, pahamilah ketentuan dalam penggunaan car seat agar perjalanan dengan si Kecil menyenangkan dan aman.

Sumber: Alodokter

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Untuk Bumil, Waspada Makan Hati Ayam Secara Berlebihan