Merangkak adalah salah satu tahap pertumbuhan bayi yang tidak boleh terlewat. Cari tahu kapan seharusnya bayi mulai merangkak.

Jika kamu adalah seorang ibu, setiap hari pasti dikejutkan oleh tingkahnya yang menggemaskan. Moms juga pasti setuju, bau bayi selalu enak untuk di cium ya Moms. Banyak hal dari bayi yang membuat hati Moms meleleh, dari senyuman pertama mereka sampai ketika Moms dibuat terus bergerak karena bayi sudah mulai merangkak.

Nah, untuk itu kali ini Momma.id akan membahas tentang fase merangkak pada bayi yang kami lansir dari popsugar.com

Kapan bayi mulai merangkak?

Bayi mulai merangkak saat mereka berumur antara 7 sampai 10 bulan. Beberapa bayi mungkin tidak merangkak seperti pada umumnya, mereka mungkin mengguanakan tangan untuk meluncur di lantai dengan perut mereka, atau bahkan bergeser di lantai menggunakan bokongnya. Gerakan ini masih akan membantu mereka mengembangkan keterampilan penting yang dibutuhkan untuk berjalan. Setiap bayi berkembang dengan kecepatan mereka sendiri, tetapi jika bayi Moms belum merangkak setelah usianya 12 bulan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak.

Bagaimana cara membantu mereka bergerak?

Bayi juga butuh aktivitas fisik lho Moms. Jadi tetap membiarkan bayi selalu berada di kursinya, kereta dorong bayi, ayunan, atau apapun yang membuat mereka tidak bergerak secara teratur dapat menyebabkan penundaan dalam perkembangan motorik yang penting. Untuk membantu mereka bergerak, taruh matras di atas lantai dengan mainan yang tergantung di atas kepala mereka atau di dekat mereka di lantai. Biarkan mereka menendang atau meraih maianan agar membantu mereka mendapatkan kekuatan.

Ketika bayi mulai merangkak, selalu awasi bayi dan tetap dekat dengan mereka. Bentuklah zona aman untuk ia mengeksplorasi, jadi pastikan tidak ada perabotan berbahaya di dekat bayi. Ketika bayi mulai berdiri, jangan tawarkan bantuan sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan keseimbangan otot yang mereka butuhkan saat merangkak dan akhirnya bisa berjalan.

Baca juga: Mengapa Bayi Butuh Tummy Time?

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Hal Yang Harus Moms Lakukan Sebelum Melahirkan