Terkadang Moms pasti kebingungan mendapati bayi menangis dan merasa terganggu dengan tangisannya. Tetapi ada manfaat dibalik tangisan bayi lho Moms!

Moms pasti mencoba berbagai cara agar bayi tidak terus-terusan menangis. Kita semua pasti tahu, bayi yang menangis butuh ditenangkan. Tapi tahu kah Moms? Tangisan bayi menandakan ia sehat secara keseluruhan. Lalu apa manfaatnya?

Tangisan pertama bayi

Inilah suara yang Moms tunggu-tunggu selama 9 bulan mengandung. Tangisan bayi ini menandakan bayi bernafas dan paru-paru terbuka untuk mendapatkan udara. Banyak orang tua beranggapan bahwa tangisan bayi baik untuk paru-parunya. Yang benar adalah, tangisan bayi saat setelah lahirlah yang menandakan paru-parunya sempurna. Ketika bayi pertama kali menjerit di ruang bersalin, Moms bisa bernapas lega karena ini berarti semua baik-baik saja.

Untuk berkomunikasi

Jika bayi tidak menangis, tentu Moms tidak akan tahu kebutuhannya. Menangis bisa karena beragam faktor dan berbagai nada. Setiap nada tangisan bayi menunjukan ketidaknyamanannya atau perhatian yang dibutuhkan. Bisa jadi karena, lapar, popoknya yang basah, kepanasan atau kedinginan, butuh kenyamanan, atau sekedar butuh perhatian Moms. Moms bisa mempelajari tangisannya, dan dengan ini juga Moms jadi tahu apa yang dibutuhkan bayi.

Tangisan bayi adalah indikasi yang baik bahwa naluri Moms dan kebutuhan bayi telah bekerja sama. Menurut Dr. Geetanjali Shah, seorang dokter anak di Rumah Sakit Ashwini, Mumbai: “Dengan menangis, bayi yang baru lahir mengekspresikan kebutuhannya, dan ibu merespon, ini juga membantu ikatan antara ibu dan bayi.”

Membantu kesehatan psikologis

Banyak yang berpendapat tidak mengapa membiarkan bayi menangis untuk mendisiplinkannya. Tetapi ini tidak berlaku untuk bayi yang baru lahir Moms. Ia butuh perhatian Moms terutama pada bulan-bulan awal kehidupannya. Kehadiran Moms membuat ia aman dan nyaman. Seorang anak yang tumbuh dalam perawatan yang penuh cinta kasih akan menjadi inividu yang lebih baik. Sedangkan bayi yang diabaikan akan mempengaruhi kesehatan psikologisnya. Menurut Dr Shah.

Membantu peregangan otot

Jika Moms melihat bayi menangis, Moms pasti melihat banyak otot yang meregang. Tentunya berbeda dengan bayi yang jarang menangis. Tetapi Moms harus pastikan bahwa tangisan itu bukan karena alasan medis atau kolik. Jangan biarkan si kecil menangis terlalu lama ya Moms.

Mengurangi beban emosional

Air mata adalah cara menumpahkan beban emosional pada bayi. Kita tahu terkadang bayi tantrum atau saat Moms tidak memenuhi kebutuhannya, yang bisa ia lakukan adalah menangis. Jangan panik Moms, dengarkan tangisannya. Jika ia balita jelaskan kebutuhan atau keinginannya dan alihkan perhatiannya. Ini baik untuk meredakan tantrumnya dan menyeimbangkan kembali emosinya. Demikian yang dilansir dari thehealthsite

Baca juga: Memahami 7 Sebab Bayi Menangis

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Manfaat Rawat Gabung dengan Bayi Baru Lahir