Waktu terbaik untuk mengentikan penggunaan botol susu adalah usia 9 bulan.

Menurut American Study of Pediatrics, anak sebetulnya sudah bisa meminum lewat gelas hisap pada usia 6-9 bulan. Mereka juga sudah harus berhenti minum dari botol susu di usianya paling lambat 18 bulan. Semakin cepat akan semakin baik.

Jika si Kecil menggunakan botol susu dalam jangka waktu yang lama, maka bahaya bisa mengintainya, seperti karies gigi, infeksi telinga, dan obesitas.

Bagaimana caranya menghentikannya?

ilustrasi bayi minum susu. (BabyCenter)

Memang tak mudah sih, Moms. Tapi harus dicoba demi si Kecil. Pertama, lakukan pendekatan dan cobalah katakan bahwa sudah waktunya mereka minum dari gelas. Jika mereka berhasil, jangan lupa eskpresikan kegembiraan dan pujian agar mereka merasa dihargai.

Saat hendak membuang botol susunya, lakukan di depan anak. Tapi, Moms perlu membuat suasana minumnya jadi menyenangkan, misalnya dengan memberinya gelas berwarna-warni atau dengan gambar kesukaannya.

Baca juga: Jika Bayi Alergi Susu Sapi

Moms bisa melakukannya secara bertahap. Misalnya, dengan menghentikan penggunaan botol susu pada siang hari. Biasakan secara bertahap meminum susu dari gelas, dari frekuensi sering hingga ke jarang. Terus lakukan hingga anak terbiasa minum dari gelas tanpa dampingan Moms.

Tentu saja sulit jika si Kecil harus dipisahkan dari benda kesayangan saat mulai tidur. Nah, bila mereka bisa melepas botol susunya, Moms bisa memeluknya dengan hangat dan berkata, “Kamu hebat!”.

Selamat mencoba!

Tags:
0 shares
Previous Post

Cara Memberi Anak Makan saat Diare

Next Post

Si Kecil Demam, Kapan Harus Dibawa ke Dokter?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Si Kecil Demam, Kapan Harus Dibawa ke Dokter?