Memompa ASI adalah keterampilan, sama seperti menyusui bayi. Berikut adalah beberapa tips memompa ASI dikutip dari AskDrSears.com untuk membantu kegiatan memompa ASI jadi lebih mudah dan membantu merangsang let-down reflex (ASI keluar dengan lancar), merawat puting yang sakit, mendapatkan lebih banyak ASI, dan membuat kegiatan memompa lebih nyaman.

Merangsang let-down reflex (ASI keluar dengan lancar)

Cobalah saran di bawah ini untuk merangsang let-down reflex.

  1. Rutin memompa

Menetapkan rutinitas adalah kiat memompa payudara yang efektif. Pompa di tempat yang sama, di kursi yang sama, dan minum minuman yang sama. Siapkan peralatan dengan cara yang sama di setiap waktu, gunakan trik mental agar rileks dan santai saat memompa. Kondisi rutin ini akan membiasakan terjadinya let-down reflex.

  1. Cobalah memijat payudara beberapa menit sebelum mulai memompa

Mulai di ketiak dan gunakan ujung jari tangan yang berlawanan untuk membuat lingkaran kecil di jaringan payudara, di satu tempat itu. Gerakan tangan perlahan, lalu ulangi. Lakukan disekitar payudara dan perlahan turun  ke arah areola (bagian gelap di payudara) dalam pola spiral. Selesaikan pijatan dengan sentuhan panjang dari dinding dada ke areola, lakukan di sekitar payudara. Kemudian pijat payudara yang lainnya. Jika aliran susu berkurang selama sesi pemompaan, pijatan beberapa menit ini adalah salah satu tips untuk membantu melancarkan aliran ASI.

  1. Minum

Minumlah beberapa gelas air sebelum mulai kegiatan memompa.

  1. Momotivasi diri

Visualisasikan arus aliran sungai atau sungai yang mengalir ke arah laut saat Moms memompa. Atau bayangkan diri Moms sebagai air mancur susu – bayangkan apapun yang membantu ASI Moms lancar saat memompa.

  1. Lihatlah foto bayi Moms saat memompa

Bawa serta foto bayi dan beberapa helai pakaian atau selimut miliki bayi Moms. Pandangi fotonya sambil menghirup aroma bayi dari pakaian dan selimutnya saat memompa.

  1. Cari tahu yang sedang dilakukan bayi

Hubungi perawat bayi Moms dirumah, cari tahu apa yang bayi lakukan sebelum melakukan kegiatan memompa.

  1. Dengarkan musik

Untuk meminimalkan gangguan saat memompa, coba dengarkan musik. Moms dapat menikmati musik favorit saat memompa, atau mendengarkan suara alam yang menenangkan: laut, hujan, atau apapun yang menarik untuk Moms.

Tips memompa payudara saat puting sakit

Cobalah saran di bawah ini jika puting mulai terasa sakit

  1. Cobalah pengaturan hisapan yang rendah

Cobalah mengatur pola hisapan, pilih yang lebih rendah atau coba jenis pompa yang berbeda jika Moms merasa puting sakit. Pastikan puting tidak menggosok pinggiran alat hisap saat memompa.

  1. Gunakan sedikit krim pelembut

Menggunakan krim yang dapat membuat puting lebih lembut untuk ibu menyusui dapat mengobati puting yang sakit. Oleskan di jari-jari Moms, lalu usapkan ke puting susu.

Tips memompa ASI untuk mendapatkan ASI lebih banyak

Jika Moms mengalami masalah hasil pompaan yang tidak sesuai dengan keinginan, cobalah saran di bawah ini.

  1. Pompa sesering mungkin seperti menyusui bayi

Lakukan setiap tiga jam sekali. Jika Moms khawatir tidak dapat memproduksi cukup ASI, pompa lebih sering. Ini efektif untuk merangsang produksi ASI dari pada menunda kegiataan memompa disetiap sesinya.

  1. Tambahkan sesi ekstra di pagi hari.

Pagi hari adalah saat payudara memproduksi ASI paling banyak. Jika Moms mencoba untuk menambah persediaan ASI di freezer, inilah saat yang tepat untuk memompa.

  1. Periksalah alat pompa

Apakah posisi pompa sudah benar? Apakah segelnya dan bagian lain sudah dipasang? Tanyakan pada produsennya (akan ada nomor telepon di petunjuk yang tercetak). Jika Moms ingin membeli atau menyewa pompa minta bantuanlah dari konsultan laktasi, dia mungkin bisa membantu Moms dalam hal ini.

  1. Cobalah memompa satu payudara sementara payudara lain disusui bayi

Hisapan bayi akan memicu let-down reflex, Moms akan lebih mudah memompa ASI dari payudara yang lain (cara ini lebih mudah dilakukan menggunakan pompa elektrik dibandingan memompa dengan tangan).

double breast-pump
  1. Pompa ganda

Bagi sebagian wanita memompa menggunakan pompa ganda (memompa kedua payudara pada saat yang bersamaan) adalah cara pemompaan payudara yang paling membantu karena ini biasanya menghasilkan ASI perah yang lebih banyak. Tingkat prolaktin dalam darah juga sangat tinggi saat Moms memompa kedua payudara bersamaan. Menggunakan pompa elektrik double-pump adalah cara terbaik untuk melakukan pemompaan ganda, namun ada juga pompa manual yang bisa dioperasikan dengan satu tangan.

  1. Jika pompa tidak bekerja dengan baik, cobalah pompa lain

Sebaiknya coba menggunakan alat pompa lain yang kualitasnya lebih baik dari yang Moms gunakan. Cobalah menyewa pompa ASI satu atau dua minggu. Moms mungkin akan terkejut dengan perbedaannya.

Tips memompa ASI yang lebih nyaman

Jangan memompa ASI dengan kondisi tidak nyaman. Cobalah tips memompa ASI di bawah ini untuk kegiatan memompa yang lebih nyaman.

  1. Gunakan pakaian khusus ibu menyusui

Salah satu tips memompa ASI yang membuat Moms lebih nyaman adalah pakaian menyusui yang nyaman. Makin mudah saat memompa (seperti mudahnya menyusui yang dilakukan secara tertutup) jika Moms menggunakan pakaian longgar yang mudah ditarik kebawah. Berinvestasilah untuk beberapa pakaian menyusui yang cantik, dengan bukaan yang disamarkan di bagian payudara, ini akan memudahkan kegiatan memompa juga menyusui.

  1. Sandarkan tubuh saat memompa

Ini akan mencegah ASI menetes di pakaian Moms.

Bagaimana Moms? Cukup membantu bukan tips yang kami berikan. Yang terpenting adalah hindari stres ketika menyusui atau memompa ASI, perasaan bahagia tentunya akan memicu produksi ASI yang lebih banyak. Happy pumping Moms!

Tags:
0 shares
Previous Post

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Demam?

Next Post

Daftar Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Daftar Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil