Menyusui adalah proses penting untuk bayi karena menyangkut makanan awal mereka. Sayangnya, hingga kini masih banyak ibu yang minim informasi agar sukses menyusui.

Kebutuhan gizi anak diawali dengan proses menyusui ASI hingga 6 bulan, dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI sejak usia 6 bulan dan diteruskan hingga 2 tahun atau lebih. Jika ini dipraktikkan secara benar, maka pertumbuhan fisik, perkembangan kognitif, imunitas, pencegahan obesitas, perlindungan terhadap alergi dan masalah jantung akan dijamin di kemudian hari.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang mengabaikan hal ini karena minimnya informasi, khususnya soal menyusui. Memang, menyusui adalah proses yang natural. Namun tetap saja, tiap dari Moms harus mempelajarinya agar bisa menghasilkan ASI yang berkualitas.

Ilustrasi menyusui. (Parents)

ASI yang pertama kali keluar setelah melahirkan disebut kolostrum. Kolostrum jumlahnya sedikit dan akan meningkat seiring berjalannya hari bila Moms menyusui si Kecil dengan benar. Hari pertama akan sebanyak 5 mL, hari ke-2 sebanyak 5-15 mL, hari ke-3 sebanyak 15-30 mL, hari ke-4 sebanyak 30-45 mL dan hari ke-5 sebanyak 45-60 mL. Volume ASI akan semakin bertambah dan matang pada hari ke-15.

Lalu bagaimana caranya agar Moms bisa senantiasa sukses menyusui?
  1. Menyusu on deman (sesuka bayi) dan membangunkan bayi dengan membuka bedongnya agar mereka terbangun dan menyusu tiap 2 jam sekali. (Baca: Bagaimana Jika ASI Tidak Keluar Setelah Bayi Lahir?)
  2. Menyusu minimal 8-12 kali per hari. (Baca: Begini Tanda Bayi Cukup ASI)
  3. Tidak memberi makanan/minuman selain ASI selama 6 bulan pertama. (Baca: Bahaya MPASI Dini dan Menunda MPASI)
  4. Tidak memberi dot agar anak tak bingung puting. (Baca: Mengapa Bayi Bingung Puting?)
  5. Mempelajari teknik menyusui, posisi dan pelekatan yang benar. (Baca: Bagaimana Posisi Menyusui Yang Benar?)
  6. Mengevaluasi berat badan pada hari pertama kelahiran. Jika penurutan berat badan terlalu banyak, menyusui masih sulit, memerah ASI dan memberinya melalui botol yang nyaman bisa sangat membantu.  (Baca: 17 Tips Memompa ASI)

Ayo tetap semangat menyusui ya, Moms!

Sumber: IDAI

Tags:
0 shares
Previous Post

Liburan Tahun Baru di Rumah? Siapa Takut!

Next Post

Mainan yang Sesuai untuk Bayi Usia di Bawah 1 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mainan yang Sesuai untuk Bayi Usia di Bawah 1 Tahun