Setiap wanita pasti mendambakan payudara yang kencang dan nampak sehat. Tetapi, apakah bentuk payudara setelah menyusui si kecil akan tetap sama? Bisa dong! Begini caranya mengembalikan bentuk payudara setelah menyusui.

Jika Moms adalah ibu menyusui atau yang baru saja menyapih si kecil pasti punya pertanyaan sama, yaitu apakah bentuk payudara setelah menyusui akan kembali seperti semula?

Tentunya kita semua menginginkan bentuk payudara yang sehat dan cantik, tetapi bentuk payudara Moms akan sedikit berubah setelah menyusui dan menjadi kurang kencang seiring dengan pertambahan usia. Tetapi bisa kok Moms meminimalisasi efek tersebut. Dikutip dari wehavekids.com, begini caranya menjaga bentuk payudara setelah menyusui:

Ketika masih menyusui:

Selama masa kehamilan payudara akan menjadi lebih besar karena hormon tertentu yang mempersiapkan payudara untuk menyusui. Begitu pula saat Moms sedang menyusui, payudara akan menjadi lebih padat dan membesar, kulit pun akan meregang dari waktu kewaktu. Lakukan hal di bawah ini untuk mecegah payudara kendur agar tetap kencang setelah menyusui:

  • Gunakan bra yang cukup baik menyokong payudara Moms. Gunakan bra menyusui atau sport bra yang baik untuk menahan payudara, ini akan mencegah bentuk payudara lebih turun.
  • Ketika menyusui hindari posisi membungkuk yang membuat payudara Moms tertarik ke bawah. Gunakan bantal menyusui terutama jika bayi Moms kecil agar posisinya lebih tinggi mendekati payudara, ini untuk menghindari peregangan kulit yang lebih banyak lagi.
  • Kurangi mengkonsumsi lemak hewani. Konsumsilah sereal gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran hijau. Konsumsilah makanan kaya vitamin B dan E yang menjaga elastisitas kulit.
  • Jika Moms sudah ingin menyapih si kecil, lakukanlah secara bertahap. Moms akan membantu jaringan lemak untuk melakukan redeposit di dalam payudara. Dengan begini Moms mendapatkan bentuk payudara seperti semula.
  • Menyusui memang membantu menurunkan berat badan setelah kehamilan, tetapi hati-hati jika Moms terlalu banyak kehilangan berat badan secara tiba-tiba maka kulit pada payudara tidak akan kembali secara tiba-tiba juga. Cobalah menurunkan berat badan secara bertahap.

Jika Moms sudah berhenti menyusui:

Moms bisa memperkuat otot yang menahan payudara dengan memperbaiki postur tubuh. Ketika kita berdiri dengan postur tubuh yang baik, payudara akan mengukuti dan tidak “melorot” tentunya. Yuk latih otot dada dan punggung untuk menahan payudara dan membuatnya tampak lebih kencang

Mengangkat Dumbbell

Latihan ini menguatkan lengan, dada, dan punggung. Ini bagus untuk postur tubuh dan menopang payudara

  • Berbaringlah di kursi dengan kedua kaki di lantai
  • Pegang dumbbell di masing-masing tangan di atas kepala
  • Angkat lengan ke atas sehingga mereka berada di atas. Ulangi.

Push up

Push up sangat bagus untuk kekuatan lengan, punggung, dan menguatkan otot untuk postur tubuh Moms.

  • Menghadap ke lantai, letakkan tangan di depan Moms secara pararel. Moms bisa memposisikan kaki lurus atau menekuk pada lutut.
  • Turunkan tubuh Moms sejauh yang Moms bisa kemudian dorong kembali ke atas. Ulangi.

Menekan Dada

Menekan dada adalah latihan lain yang mengencangkan otot lengan, dada, dan punggung.

  • Sambil duduk posisikan kedua kaki di lantai, pegang beban di masing-masing tangan
  • Regangkan tangan kesamping
  • Perlahan tarik lengan ke arah dada. Ulangi.

Setelah melakukan beberapa latihan di atas, Moms juga bisa melakukan beberapa perawatan kecantikan setelah menyusui seperti menggunakan krim payudara untuk mengencangkan, melembutkan, dan menyehatkan kulit payudara. Kini saatnya Moms berinvestasi krim kulit yang berkualitas untuk menjaga payudara Moms agar tetap terlihat cantik. Selamat mencoba!

Tags:
0 shares
Previous Post

Amankah Menyusui Selama Masa Kehamilan?

Next Post

Kehamilan Kembar: Bisakah Melahirkan secara Normal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kehamilan Kembar: Bisakah Melahirkan secara Normal?