Ibu menyusui dilarang minum kopi? Ini mitos atau fakta? Moms yang sedang menyusui wajib tahu soal kebenaran mitos-mitos saat menyusui.

Jika Moms saat ini sedang menyusui, Moms pasti khawatir bahwa hal-hal yang yang Moms lakukan akan mempengaruhi bayi. Jadi apa saja mitos-mitos saat menyusui yang benar dan tidak?

Mitos: Stop menggunakan deodorant antiperspirant.

Kebenarannya: Moms mungkin pernah mendengar bahwa alumunium, bahan penghilang keringat pada antiperspirant, beracun untuk jaringan payudara dan ASI. Karena itu Moms memilih menggunakan deodorant yang bebas kandungan alumunium, padahal ini belum tentu benar. “Tidak ada bukti yang menunjukan bahwa ibu menyusui seharusnya tidak menggunakan antiperspirant,” kata Aimee Abu-Shamsieh, M.D.,M.P.H., professor klinik pediatrik di UCSF Fresno. “Alumunium secara alami biasa ditemukan di lingkungan, sehingga sebagian besar paparan berasal dari makanan, bukan produk kulit, dan hampir tidak ada yang mencapai air susu ibu.”

Namun, pertimbangkan kembali ya Moms jika ingin mengganti wewangian, karena bayi yang baru lahir mengenali Moms dari aroma. Dengan menggunakan produk wewangian yang sangat banyak di dekat puting susu akan membuat bayi kebingungan. Selain itu, ketika Moms menyemprotkan parfum, mungkin saja mengenai puting susu dan membuat rasanya tidak enak ketika dihisap bayi.

Mitos: Tidak boleh mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Yang benar: Pengurang rasa sakit dan pereda demam seperti ibuprofen, acetaminophen, dan naproxen umumnya baik untuk ibu menyusui, menurut sebuah laporan dari American Academy of Pedriatic (AAP), meskipun setiap obat memiliki manfaat dan risiko. Tapi ada beberapa obat yang sebaiknya dihindari seperi dekongestan, karena menurunkan produksi susu. Antihistamin dapat membuat Moms mengantuk dan mengganggu aktivitas Moms.

Lebih baik konsultasikan pada dokter terlebih dahulu ya Moms. Bahkan jika obat tersebut dikatakan aman untuk ibu menyusui, sebaiknya hati-hati. “Gunakan dosis obat terendah untuk waktu yang sesingkat mungkin,” kata penulis laporan AAP, Hari Cheryl Sachs, M.D.

Mitos: Moms tidak boleh minum kopi.

Kebenarannya: Setelah bergadang semalam, jangan takut untuk meminum secangkir kopi untuk Moms. “Penelitian menunjukan bahwa jumlah kafein yang didapat bayi Moms hanya sebagian kecil dari jumlah yang Moms minum,” Dr. Abu-Shamsieh mengatakan. Namun, tetap satu sampai tiga porsi kafein menyebar sepanjang hari. Pada dosis yang lebih tinggi (lima cangkir 6 ons atau lebih), kafein dari ASI akan menumpuk di tubuh bayi, yang akan membuatnya gelisah dan rewel.

Demikian yang kami kutip dari parents.com, semoga informasi ini menambah wawasan Moms seputar mitos-mitos saat menyusui.

Baca juga: 5 Mitos tentang Bayi yang Wajib Moms Tahu Faktanya

Tags:
0 shares
Previous Post

Yoga Bisa Meningkatkan Kesuburan Lho!

Next Post

Mengapa Muncul Bisul Setelah Vaksin BCG?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengapa Muncul Bisul Setelah Vaksin BCG?