Manfaat menyusui tidak hanya baik untuk bayi, menyusui juga banyak manfaatnya untuk Moms lho.

Pelepasan Hormon Baik

Banyak dari Moms yang merasakan kepuasan dan kebahagiaan dari sentuhan fisik dan emosional yang mereka alami bersama anak saat menyusui. Perasaan ini ditambah dengan pelepasan hormon seperti:

Prolaktin: Menghasilkan rasa damai dan sensasi menyusui yang membuat Moms rileks serta fokus pada bayi.

Oksitosin: Memproduksi rasa cinta dan ketertarikan yang kuat antara Moms dan bayi.

Perasaan menyenangkan ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa begitu banyak wanita yang telah menyusui anak pertamanya memilih untuk menyusui anak-anak yang berikutnya.

Manfaat untuk kesehatan

Menyusui memberikan manfaat kesehatan bagi Moms melebihi kepuasan emosional

  • Ibu yang menyusui akan sembuh lebih cepat setelah persalinan. Hormon oksitosin yang dilepaskan saat menyusui, bertindak untuk mengembalikan rahim ke ukuran normalnya lebih cepat dan dapat mengurangi pendarahan pasca persalinan.
  • Studi menunjukan bahwa wanita yang menyusui mengalami risiko penurunan terjangkit kanker payudara dan ovarium dikemudian hari.
  • Beberapa penelitian menemukan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, rheumatoid arthritis, dan penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
  • Pemberian ASI ekslusif menunda kembalinya periode menstruasi Moms, yang dapat membantu memperpanjang waktu antara kehamilan. (Catatan: Pemberian ASI ekslusif dapat memberikan KB alami jika haid Moms belum kembali, bayi menyusui siang dan malam, dan bayi berusia kurang dari 6 bulan.)

Manfaat bonus

Ada beberpa manfaat yang berguna saat menyusui – manfaat bonus ini dapat dirasakan seluruh keluarga

  • ASI lebih murah dari susu formula. Selama menyusui, Moms memerlukan paling banyak 400 sampai 500 kalori setiap hari untuk menghasilkan ASI yang cukup untuk bayi, sementara susu formula dapat menghasilkan biaya antara Rp.50.000 – Rp.130.000 perhari, tergantung pada merek, jenis ( bubuk dan cair), dan jumlah yang dikonsumsi.
  • Pada malam hari, menyusui bayi sambil terbaring di tempat tidur jauh lebih mudah dan lebih cepat dari pada harus bangun, menyiapkan atau menghangatkan sebotol susu formula.
  • Yang lebih luar biasa, ketika akan membawa bayi pergi ke luar, entah di dalam atau di luar kota dalam perjalanan jauh, Moms tidak perlu membawa satu tas penuh peralatan bayi.
  • Menyusui juga baik untuk lingkungan lho! Iya, karena tidak ada botol susu yang bisa dicuci atau kaleng susu yang dibuang.

Manfaat utama: Kepuasan bagi Moms!

Bagaimanapun, dari semua manfaat ini, kebanyakan Moms menganggap kepuasan adalah daftar teratas alasan untuk meyusui.

Menyusui memberikan pengalaman emosional yang unik bagi Moms dan bayi. Menyusui adalah satu perilaku pengasuhan yang hanya bisa dilakukan oleh Moms untuk si bayi, menciptakan hubungan fisik dan emosional yang unik dan kuat. Dads, kakak dari bayi, dan kerabat lainnya dapat menyambut anggota baru di keluarga dengan cara yang penuh kasih.

Makin semangat untuk menyusui bayi kan Moms?

Tags:
0 shares
Previous Post

Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Bukan Masalah Lagi!

Next Post

Mengintip Hamil Cantik ala Kate Middleton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengintip Hamil Cantik ala Kate Middleton