Kanker payudara adalah penyakit yang ditakuti oleh para wanita. Penting untuk mendeteksinya sejak dini agar bisa diatasi. Yuk lakukan SEDARI untuk mendeteksi kanker payudara.

Bedasarkan data dari WHO, penderita kanker payudara di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus pada setiap 100.000 penduduk di tahun 2012. Kanker payudara sendiri adalah penyakit yang menyerang kelenjar, saluran, dan jaringan penunjang payudara. Umumya menyerang wanita pada usia subur dan baru terlihat keluhannya setelah memasuki stadium lanjut. Penting bagi Moms untuk bisa mendeteksi kanker payudara sejak dini.

Cara mendeteksi kanker payudara sejak dini  salah satunya adalah melakukan SEDARI yaitu singkatan dari Pemeriksaan Payudara sendiri. Dengan melakukan SEDARI diharapkan Moms mampu mendeteksi adanya perubahan pada paydara dan memungkinkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Waktu terbaik untuk Moms melakukan SEDARI adalah beberapa hari setelah menstruasi berakhir. Karena pada masa menstruasi, kadar hormon berfluktuasi sehingga menyebabkan perubahan pada tubuh, termasuk payudara menjadi kencang. Lakukan setiap satu bulan sekali ya Moms. Bahkan ajari juga putri Moms melakukan SEDARI sejak ia mendapatkan menstruasi pertamanya atau ketika usianya menginjak 12 tahun.

Cara melakukan SEDARI
  • Berdirilah di depan cermin dengan lengan di samping tubuh. Perhatikan bentuk, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit, juga bentuk puting payudara. (Kebanyakan wanita tidak memliki bentuk payudara yang sama antara kiri dan kanan ya Moms)
  • Letakan tangan di pinggang dan tekan dengan kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara Moms sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya.
  • Kemudian angkat satu tangan dan periksa payudara di sisi tangan yang terangkat dengan tangan lainnya. Tekan payudara dari atas ke bawah dimulai dari bagian terluar payudara mengarah ke dalam menggunakan tiga jari yang dirapatkan. Rasakan apakah ada benjolan di payudara.
  • Selanjutnya, tekan payudara dengan gerakan memijat ke arah puting dengan menggunakan kedua tangan, dan lihat apakah ada cairan yang keluar.

Kanker yang terlambat ditangani akan membawa dampak serius. Oleh karena itu segera periksakan diri ke dokter jika terdapat:

sumber: google
  • Benjolan keras di ketiak atau payudara
  • Perubahan pada permukaan kulit, berkerut atau terdapat cekungan
  • Keluar cairan dari puting tetapi bukan ASI
  • Keluar darah dari puting
  • Puting yang memerah dan berubah bentuk seperti melesak kedalam
Tags:
0 shares
Previous Post

Duh, USG 3 Dimensi Ternyata Ada Risikonya Loh!

Next Post

Waspada, Ini 4 Makanan Pemicu Keguguran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Waspada, Ini 4 Makanan Pemicu Keguguran