Banyak Moms yang masih luput merawat payudara nya ketika menyusui. Padahal ini penting, loh!

Tak hanya si Kecil yang perlu diperhatikan, tapi Moms juga harus mulai peduli pada diri sendiri. Bagaimanapun, Moms akan bisa merawat si Kecil dengan optimal dalam kondisi yang prima.

Baca juga: Manfaat Menyusui bagi Moms

Misalnya saja ketika menyusui. Jangan sampai hanya karena Moms fokus pada pemberian susu si Kecil, Moms malah lupa merawat payudara. Jangan lupa bahwa masalah pada payudara juga bisa berdampak pada si Kecil.

Yuk disimak bagaimana merawat payudara di masa-masa sedang menyusui.

Ilustrasi menyusui. (goodtoknow)
  1. Bila ada benjolan akibat penyumbatan, Moms perlu memijat secara lembut payudaranya. Jangan lupa kosongkan payudara ketika menyusui untuk menghindari adanya penyumbatan.
  2. Jangan memakai bra terlalu ketat dan berkawat.
  3. Kompres payudara bila terasa nyeri, bengkak, memerah, demam dan flu. Bisa jadi Moms terkena mastitis atau infeksi payudara. Berkonsultasilah ke dokter dengan segera.
  4. Bila payudara membengkak hanya karena penuh, susuilah si Kecil. Bila ia tidak mau, Moms bisa memompanya sebagai stok ASI.
  5. Bila puting nyeri, Moms bisa mengompresnya dengan air hangat, keringkan puting sebelum berpakaian, usap puting dengan setetes atau dua tetes ASI setelah menyusui, rutin menggunakan breast pad, dan menggunakan bra khusus menyusui.

Hanya itu yang Moms perlu lakukan untuk merawat payudara selama menyusui. Jangan lupa mencari informasi atau berkonsultasi terkait laktasi.

 

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tahapan Bayi Merangkak yang Perlu Moms Tahu