Saat ini Moms sedang menyusui dan mengalami kerontokan rambut? Tenang, Moms tidak sendiri. Yuk kita atasi rambut rontok saat menyusui.

Rambut rontok saat menyusui adalah hal yang wajar Moms. Ini akibat dari terjadinya penurunan hormon yang drastis. Setelah melahirkan, produksi hormon estrogen kembali normal, dan rambut yang seharusnya sudah rontok akan kembali ke siklus normalnya. Inilah mengapa rambut yang rontok lebih banyak. Tenang Moms, kondisi ini berlansung selama 6-12 bulan setelah melahirkan. Yuk kita atasi masalah ini!

Kurangi tekanan pada rambut

Hindari mengepang, menguncir, dan mengikat rambut dengan kuat. Pastikan Moms menyisir rambut dengan lembut. Terutama saat setelah keramas, rambut yang basah lebih rapuh sehingga rawan patah dan rontok.

Memotong rambut

Potonglah rambut Moms, terutama untuk Moms yang sedang menyusui agar mudah ditata dan tidak merepotkan saat merawat bayi yang baru lahir. Rambut yang lebih panjang cenderung mudah rontok dan patah lho Moms. Terlebih lagi dengan adanya penurunan hormon yang memperparah kerontokan. Selain itu, memotong rambut juga membuat penampilan Moms lebih segar.

Kurangi pengering dan pelurus rambut

Agar kerusakan rambut tidak semakin parah, kurangi penggunakan pengering dan pelurus rambut. Jika Moms terpaksa menggunakan pengering rambut, pastikan menggunakan dengan suhu paling rendah ya Moms.

Mengkonsumsi makanan sehat

Agar rambut sehat dan cepat tumbuh kembali, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B, C, E, biotin, dan zinc. Nutrisi yang satu ini baik lho untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Ingat ya, Moms yang sedang menyusui baiknya tidak menjalani program diet. Karena akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan menghambat produksi ASI. Konsumsilah daging merah, kacang-kacangan, alpukat, bayam, ikan, keju, dan telur.

Hindari stres

Stres juga mempengaruhi rambut rontok saat menyusui lho Moms! Karena stres bisa melemahkan kekebalan tubuh, jadi rambut akan rapuh dan mudah rontok. Cobalah untuk lebih rileks, nikmati setiap momen menyusui si kecil. Rasa rileks ini juga akan meningkatkan produksi ASI Moms.

Menggunakan produk perawatan rambut

Moms bisa menggunakan sampo penebal rambut. Produk ini biasanya mengandung protein yang akan melapisi rambut. Pilih sampo yang menadung biotin dan silica, karena dipercaya membantu mengurangi kerontokan rambut. Jika dirasa kerontokan rambut ini sangat mengganggu, jangan segan konsultasikan dengan pakar rambut. Tentunya jangan sembarangan menggunakan produk perawatan rambut ya Moms!

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bumil, Yuk Ajak Dads Babymoon Akhir Pekan Ini