Bulan Ramadhan tahun ini Moms masih menyusui si kecil dan ingin ikut berpuasa. Agar aman menyusui saat berpuasa, simak ulasan dari kami ya Moms.

Boleh saja kok jika Moms menyusui saat berpuasa, karena memang puasa di bulan Ramadhan diwajibkan bagi setiap muslim. Namun Islam memberi kelonggaran bagi ibu menyusui untuk tidak berpuasa dan menggantinya di lain waktu atau membayar fidyah.

Kita berpuasa rata-rata selama 14 jam, walaupun Moms tidak makan dan minum selama 14 jam tidak mempengaruhi komposisi ASI kok. Karena tubuh memiliki cadangan zat gizi, energi, lemak dan protein serta mineral dari simpanan di dalam tubuh. Nah, begitu waktu berbuka tubuh akan mengganti cadangan zat gizi tadi, jadi Moms tidak perlu khawatir akan kekurangan zat gizi.

Menyusui saat berpuasa tidak dianjurkan untuk Moms yang masih menyusui ekslusif (usia bayi kurang dari 6 bulan). Karena pada masa ini Moms masih menyusui rutin setiap 2-3 jam siang dan malam. Karena itu, disarankan lebih baik Moms menjalani puasa setelah bayi berusia 6 bulan dan sudah mengkonsumsi MPASI

Tips aman menyusui saat berpuasa:

Perhatikan asupan makanan

Perhatikan asupan ketika Moms sahur, karena makanan dan cairan yang Moms konsumsi adalah cadangan nutrisi dan kalori selama berpuasa. Tetap terapkan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang saat sahur, berbuka, dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih.

Susui bayi semaksimal mungkin di malam hari dan pompa ASI

Manfaatkan malam hari untuk memompa dan menyusui semaksimal mungkin. Karena kemungkinan produksi ASI akan berkurang di siang hari. Stok ASI perah bisa Moms gunakan untuk siang hari.

Istirahat cukup

Lemas adalah hal yang wajar saat berpuasa terlebih lagi jika setelah menyusui, coba untuk istirahat sejenak. Perlu Moms ketahui, semakin sering payudara dihisap bayi, semakin banyak produksi ASI. Jadi, jika Moms sering menyusui saat berpuasa, maka produksi ASI akan tetap lancar.

Jangan memaksakan tubuh

Jika Moms merasa tidak sanggup, atau merasa khawatir dengan kesehatan diri sendiri dan bayi, jangan memaksakan diri untuk tetap berpuasa. Bagaimanapun, Moms yang sedang menyusui diperbolehkan untuk mengganti puasa di hari lain.

Baca juga: Manfaat Menyusui bagi Moms

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Biang Keringat Pada Bayi Bisa Diatasi Dengan Cara Ini