Usai melahirkan, libido para istri akan menurun.

Ya, ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Tak hanya Dads yang cemas, usai melahirkan istri pasti mengalami hal serupa. Namun masih ada cara untuk mengatasinya kok.

Masa nifas, kurang tidur, perubahan hormon, kelelahan, dan menyusui membuat istri seringkali malas bercinta. Coba disimak tips ini ya.

Baca juga: Waktu Terbaik Untuk Berhubungan Seks Agar Cepat Hamil

1. Waktu tepat

Biasanya dokter menyarankan 6 minggu setelah melahirkan, entah itu melahirkan secara sesar atau normal. Namun, Dads tetap harus melihat kondisi sang istri.

Jika jahitannya belum kering, Dads tak bisa memaksanya. Masa nifas yang belum berakhir juga berisiko menyebabkan infeksi jika dipaksa bercinta. Dads juga perlu melihat kondisi mental sang istri ya.

2. Tentang bentuk tubuh

Usai melahirkan, bentuk tubuh sang istri akan berubah. Berat badan yang meningkat, perut yang kendur, dan stretch mark tentu akan membuatnya kurang percaya diri. Di sini Dads bisa menenangkannya dan memuji bahwa ia tetap cantik.

Ilustrasi pasangan suami istri. (zena.cz)

3. Hormon Estrogen

Hormon estrogen istri akan menurun dan mengakibatkan cairan lubrikasinya berkurang. Dads harus memakluminya jika istri kesakitan nantinya. Untuk itu, perlu bantuan pelumas dan berikan ia kesempatan untuk memilih gaya bercintanya sendiri.

4. Vagina yang meregang

Ini normal dialami oleh perempuan yang melahirkan dengan normal. Karena kondisi tersebut, beberapa perempuan akan sulit mengalami rangsangan. Kondisi vagina biasanya akan kembali normal dalam beberapa waktu. Dads bisa menyarankannya untuk mengikuti senam kegel.

5. Hormon Prolaktin

Hormon prolaktin yang meningkat saat menyusui juga membuat perempuan kehilang selera untuk bercinta. Tak hanya itu, zona erotisnya di payudara juga akan menghilang karena ia menyusui. Belum lagi rasa nyeri yang dialami beberapa wanita karena menyusi. Jadi Dads harus bersabar ya.

6. Lelah

Lelah secara fisik maupun mental kerap dirasakan oleh banyak ibu baru. Ia harus menyusui 2 jam sekali, memandikannya, mengganti popok, menggendong, dan begadang saat bayi bangun malam. Wajar saja jika sang istri sering menolak Dads untuk bercinta.

Kehangatan rumah tangga Dads bisa ditentukan dari bagaimana kalian berkomunikasi. Itu sebabnya, selain kesabaran, komunikasi tentu harus dilakukan.

Tags:
0 shares
Previous Post

Jangan Pernah Ucapkan 5 Hal ini pada Ibu Hamil

Next Post

Ajari Anak Pakai Helm saat Naik Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ajari Anak Pakai Helm saat Naik Motor