Bergaul tentu harus dengan siapa saja. Namun pada kenyataannya, hubungan Moms dengan orangtua lain yang memiliki gaya parenting berbeda selalu lebih rumit. Harus bagaimana ya?

Ketika teman Moms menasehati atau mengritik gaya parenting Moms, yang pertama kali dirasakan pasti adalah kesal. Bagaimanapun juga, gaya parenting adalah pilihan setiap orangtua dan wilayah yang personal.

Moms kerap merasa bahwa mereka terlalu mencampuri urusan  keluarga Moms. Tapi tentu saja pertemanan Moms harus terus berlangsung. Untuk itu, coba ikuti tips ini ya.

Baca juga: Moms: Kembali Bekerja atau Diam di Rumah?

Jangan menasehati

Ketika Moms merasa bahwa saran atau cara mereka berbeda, janganlah mencoba menasehati. Misalnya saja dengan mengatakan,”taruh anak kamu di kasur dan tinggalkan saja dia!” saat anak mereka menangis.

Jika mereka tak meminta saran Moms, lebih baik diam saja. Namun jika mereka meminta, Moms bisa menyampaikan saran Moms dengan mengatakan, “setiap orang berbeda-beda sih, tapi aku biasanya ngelakuin hal itu”.

Ilustasi sahabat Moms. (Huffington Post)

Alihkan pembicaraan

Jika pembicaraan Moms dengan teman mulai aneh dan menyebalkan, lebih baik Moms mulai membicarakan hal lain yang lebih menyenangkan.

Ingat bahwa tak ada hal yang mutlak benar untuk tiap orangtua

Ini perlu diingat selalu oleh Moms. Setiap orangtua memiliki personal yang berbeda dan begitu pula dengan keluarganya. Oleh sebab itu, ketika mereka memberi saran, Moms cukup tersenyum. Atau jika ada suatu hal yang tak sejalan dengan pendapat Moms, cukup diingat bahwa setiap orang berbeda.

Memang tak mudah menerima perbedaan di tiap individu. Namun Moms harus bisa berlapang dada dan menerima perbedaan agar pertemanan bisa berlangsung baik. Usahakan untuk dicoba ya, Moms.

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kado Manis untuk Sahabat yang Baru Saja Punya Baby