Bayi yang diberikan ASI lebih sedikit berisiko terkena penyakit saluran napas bagian bawah, infeksi telinga, dan meningitis.

Menyeramkan ya Moms pernyataan di atas. Hanya karena kita tak mau mencari informasi bagaimana caranya perbanyak ASI, anak bisa jadi korban. Maka itu, penting bagi seorang ibu untuk mengedukasi diri terkait pemberian ASI sebagai makanan awal semua bayi.

Baca juga: 6 Langkah Sukses Menyusui

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk perbanyak ASI. Namun Momma.id punya tips sederhana yang bisa diikuti oleh semua Moms. Yuk disimak.

1. Menyusui Terus-Menerus

Prinsipnya, ASI akan semakin banyak jika Moms menyusuinya dengan sering. Ini karena hormon prolaktin akan terus bekerja merangsang produksi ASI selama Moms menyusui. Pada awal kelahiran, jadwal menyusui memang tak akan teratur. Tapi biasakanlah menyusui kira-kira dua jam sekali hingga 12 kali dalam sehari semalam.

2. Istirahat

Hindari pekerjaan berat yang melelahkan. Moms bisa meminta bantuan keluarga lain atau asisten rumah tangga untuk mengerjakan sebagian pekerjaan rumah.

Ilustrasi menyusui. (Parents)

3. Tak Perlu Cemas

Kecemasan akan kurangnya ASI normal dirasakan oleh banyak ibu. Nah, Moms tak perlu mencemaskan hal tersebut. Jika mental dan fisik Moms sehat, maka ASI akan terus bertambah. Jadi, percaya dirilah!

4. Hindari Stres

Stres memang tak bisa mengurangi ASI tapi diduga bisa menghambat proses keluarnya ASI.

5. Mencari Infromasi dari Para Ibu Lain

Saat ini, sangat banyak kelompok ibu menyusui di berbagai media. Moms bisa mengikutinya untuk memperbanyak informasi tentang menyusui. Jika ada keluhan terkait menyusui, Moms bisa mencari ibu lain yang pernah mengalami hal serupa.

Mudah sekali kan cara perbanyak ASI tersebut? Tunggu apalagi? Yuk dimulai sekarang!

Tags:
0 shares
Previous Post

Ajari Anak Pakai Helm saat Naik Motor

Next Post

Demam saat Hamil? Waspadai Hal Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Demam saat Hamil? Waspadai Hal Ini!