Aman tidak ya berpuasa saat hamil? Untuk Moms yang sedang mengandung dan ingin berpuasa, simak ulasannya yuk!

Tak terasa ya Moms, kita sudah dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan. Moms pasti tidak ingin melewatkan ibadah yang wajib dijalankan oleh umat muslim ini kan? Tetapi bagaimana jika Moms sedang dalam kondisi hamil? Amankah jika berpuasa saat hamil?

Sebenarnya aman-aman saja lho Moms. Selama kondisi kesehatan ketika Moms hamil dan janin yang dikandungan setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan sehat. Maka, dengan kondisi ini Moms diperbolehkan berpuasa saat hamil. Syaratnya, pastikan kebutuhan nutrisi Moms dan janin tetap terpenuhi ya. Pemenuhuhan nutrisi ibu hamil selama berpuasa sebenarnya sama ketika sedang tidak berpuasa. Hanya saja waktunya berpindah, dilakukan saat sahur, berbuka puasa, dan saat diantara berbuka dan sahur.

Konsumsilah makanan empat sehat lima sempurna yang terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk, buah dan susu setiap kali buka puasa dan sahur. Moms juga bisa menambahkan suplemen dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Zat penting yang tidak boleh Moms lupakan selama kehamilan adalah asam folat, zat besi, dan kalsium. Asam folat bisa Moms dapatkan dari kacang-kacangan, zat besi dari sayuran, sementara kalsium dari susu dan ikan.

Tetapi untuk Moms yang sedang hamil disarankan untuk tidak berpuasa jika mengalami kondisi di bawah ini:

Diabetes

Moms yang sedang hamil dan mengalami diabetes tidak disarankan untuk menjalankan ibadah puasa. Karena Moms harus menjalani terapi obat dan harus mematuhi program makan yang telah dibuatkan untuk mengkontrol kadar gula darah agar tetap stabil.

Hipertensi

Moms dengan riwayat hipertensi dalam kehamilan sebaiknya mempertimbangkan lagi jika ingin berpuasa. Karena Moms harus terus mengkonsumsi obat untuk mengatur naik dan turunnya tekanan darah. Naik turun tekanan darah selama hamil harus diperhatikan sebab mengakibatkan kematian ibu maupun bayi.

Dehidrasi

Banyak Moms yang sedang hamil mengalami dehidrasi dikarenakan muntah yang berlebihan (hyperemesis gravidarum), usia kandungan yang masih muda dengan morning sickness, tidak nafsu makan sebaiknya tidak disarankan untuk berpuasa.

Mengalami pendarahan

Moms dengan kondisi ini jelas tidak diperbolehkan berpuasa. Jika memaksakan untuk tetap berpuasa saat hamil, dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan janin di dalam kandungan.

 

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sebelum Mencuci Baju Bayi, Perhatikan Hal Di Bawah Ini