Kebanyakan Ibu merasa bahwa hamil anak kedua lebih berat dari kehamilan anak pertama.

Jika Moms berpikir bahwa hamil anak kedua akan lebih ringan karena sudah merasakan sebelumnya, Moms salah. Faktanya, banyak yang merasakan berbagai keluhan di kehamilan anak kedua.

Menurut situs Alodokter, ada lima keluhan yang biasanya dialami oleh para Moms yang tengah hamil anak kedua.

1. Tendangan bayi lebih cepat

Jika pada kehamilan pertama Moms merasakannya di sekitar bulan ke empat, ada kemungkinan Moms akan merasakannya lebih cepat dari itu. Ini bisa jadi karena pengalaman Moms di kehamilan pertama.

Kehamilan anak kedua. (Pregnant Chicken)

2. Janin terasa lebih ke bawah

Ini  karena otot perut telah mengalami pelebaran akibat kehamilan anak pertama. Otot perut akan lebih lemah dari sebelumnya.

3. Perut lebih cepat besar

Ada beberapa Moms yang mengeluh bahwa perutnya lebih cepat membesar di kehamilan kedua. Ini  akibat persalinan di kehamilan pertama yang normal menyebabkan ukuran rahim yang tak kembali ke ukuran normal.

Baca juga: Mau Melahirkan Normal Tanpa Jahitan? Begini Caranya!

4. Lebih cepat lelah

Tentu saja ini pasti dirasakan karena Moms harus tetap mengurus si Kakak dan pekerjaan rumah. Waktu, tenaga dan pikiran akan lebih banyak terkuras dari biasanya.

5. Lebih mudah sakit

Ini karena Moms sering menggendong anak pertama hingga nyeri punggung mungkin bisa terjadi. Varises bahkan bisa muncul lebih parah dari kehamilan pertama.

Demikian lima hal yang membuat kehamilan anak kedua Moms mungkin lebih berat. Namun setiap individu tentu punya kekuatan dan keluhan fisik yang berbeda-beda. Jadi, tetap semangat untuk si Adik ya, Moms!

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bumil, Ini Loh Sebabnya Tidur Terlentang Terasa Tak Nyaman