Jangan hanya karena takut persalinan, Moms akhirnya memilih jalan pintas melalui operasi sesar. Faktanya, risiko operasi sesar bisa menimpa Moms, loh.

Memang sih, selama operasi sesar, Moms tidak akan merasakan sakit karena kontraksi. Ini karena Moms akan dalam pengaruh obat bius.

Walau memang dokter akan berkata bahwa operasi sesar aman, faktanya Moms akan menghadapi beberapa risiko. Tak hanya pada Moms, tapi juga pada si Kecil.

Baca juga: Duh, USG 3 Dimensi Ternyata Ada Risikonya Loh!

Coba disimak apa saja risiko tersebut.

Ilustrasi operasi sesar. (BabyCentre)
  • Moms bisa berisiko terkena infeksi pada luka sayatan. Biasanya akan timbul rasa nyeri, pembengkakan, kemerahan dan nanah pada area tersebut.
  • Pembekuan darah di area kaki atau disebut deep vein thrombosis. Nyawa Moms akan terancam apabila gumpalan darah ini terbawa ke paru-paru.
  • Kehilangan banyak darah. Ini bisa jadi karena Moms akan kehilangan banyak darah ketimbang melahirkan secara normal.
  • Reaksi negatif anestesi. Jika ini terjadi, Moms akan merasa sakit kepala parah setiap kali berdiri tegak.
  • Cedera saat pembedahan. Ini jarang terjadi, namun tetap berisiko. Biasanya cedera terjadi arena dokter melakukan kesalahan dalam penyayatan. Terlebih risiko akan meningkat bila Moms telah beberapa kali menjalani operasi sesar.

Itu dia risiko yang bisa Moms alami walau memang jarang terjadi. Belum lagi risiko bagi si Kecil seperti adanya gangguan pernapasan ataupun kulitnya yang tergores.

Namun begitu, Moms harus tetap menjalaninya bilang memang ada beberapa gejala medis pada kehamilan. Yang terpenting ada perjuangan demi si Keci dan doa yang tiada henti-hentinya.

 

 

Tags:
0 shares
Previous Post

Ketika Si Kecil Jatuh dari Tempat Tidur

Next Post

Sebab Air Ketuban Keruh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sebab Air Ketuban Keruh