Masalah yang umum dialami ibu hamil adalah anemia atau kurang darah. Untuk itu Moms membutuhkan makanan penangkal anemia di bawah ini ketika hamil.

Tentunya Moms yang sedang hamil membutuhkan sel dalah merah yang lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Karena anemia sering terjadi selama masa kehamilan, maka Moms membutuhkan makanan penangkal anemia. Kekurangan zat besi, folat, dan vitamin B12 menjadi penyebab terjadinya anemia selama kehamilan lho Moms.

Anemia selama kehamilan akan meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bobot bayi rendah. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan kaya vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Nah, hindari makanan yang dapat mengurangi penyerapan zat besi seperti teh dan kopi ya Moms.

Ini lho Moms beberapa makanan penangkal anemia selama kehamilan:

  1. Buah delima

Buah delima mengandung sumber zat besi alami yang membuat kadar HB dalam tubuh meningkat. Selain itu juga mengandung vitamin A. Vitamin C, Vitamin E, asam folat, dan antioksidan yang tinggi.

  1. Pisang

Mengkonsumsi pisang saat sarapan bisa mencegah anemia ketika Moms hamil lho. Karena pisang adalah sumber zat besi dan mineral yang baik.

  1. Buah bit

Buah bit mengandung 1 sampai 1.2mg zat besi, ini cukup lho untuk mencegah anemia ketika hamil. Selain itu buah bit mengandung antioksidan yang baik mencegah radikal bebas. Kaya akan vitamin C dan kandungan asam folat yang mampu mencegah cacat janin. Moms bisa mengkonsumsi buah bit dalam bentuk jus, campurkan dengan tomat, atau jambu merah.

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang sangat disarankan untuk dikonsumsi saat hamil. Tentunya brokoli mengandung zat besi dan folat. Untuk mengkonsumsinya, masak brokoli hingga matang ya Moms.

  1. Makanan kaya vitamin C

Stroberi, apel, jeruk, kiwi, pepaya, melon, dan masih banyak lagi adalah sumber makanan kaya vitamin C. Vitamin C akan membantu penyerapan zat besi pencegah anemia pada ibu hamil, selain itu vitamin C juga baik untuk daya tahan tubuh Moms ketika hamil.

Demi kesehatan janin yang sedang dikandung, jangan segan-segan untuk mengkonsumsi makanan sehat ya Moms. Semoga info yang Momma.id berikan bermanfaat untuk Moms.

Tags:
0 shares
Previous Post

5 Fakta MPASI yang Jarang Orang Tahu

Next Post

Kapan Waktu Tepat Anak Duduk di Baby Chair?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kapan Waktu Tepat Anak Duduk di Baby Chair?