Beberapa wanita yang melalui persalinan normal berisiko mengalami vagina robek, dan ini wajar Moms. Tetapi itu bisa di atasi, begini cara melahirkan normal tanpa jahitan.

Melahirkan normal memang tidak mudah Moms. Ada bebrapa wanita ketika melahirkan normal harus mendapat tindakan episotomi. Episotomi adalah tindakan pengguntingan vagina untuk mempermudah jalan lahir bayi. Moms yang tidak mendapatkan episotomi bisa saja mengalami vagina robek. Tenang Moms, ini normal kok. Lalu, bagaimana cara melahirkan normal tanpa jahitan?

  1. Mempersiapkan diri menjelang persalinan

Persiapkan diri Moms jauh-jauh hari sebelum persalinan tiba. Siapkan fisik dan mental, lakukan olahraga rutin ya Moms. Olahraga selain menjaga tubuh selalu bugar juga memperlancar peredaran darah. Ini baik lho untuk elastisitas kulit. Lakukanlah olahraga kegel atau latihan dasar panggul untuk memperkuat otot-otot dasar panggul, untuk memudahkan proses persalinan.

  1. Menerapkan pola hidup sehat

Pastikan kebutuhan nutrsi terpenuhi dengan baik. Terapkan pola makan sehat dan konsumsi vitamin yang cukup. Nutrisi dan hidrasi yang baik akan menjaga kesehatan kulit dan otot. Nutrisi penting yang Moms harus konsumsi adalah lemak baik (asam lemak omega-3), protein, vitamin E, vitamin C, dan seng.

  1. Pijat perineum

Lakukan pemijatan di sekitar vagina untuk membuatnya lebih fleksibel sehingga mengurangi risiko vagina robek saat melahirkan. Perineum adalah area di antara lubang vagina dan lubang anus. Pijat perineum saat kehamilan juga dapat meningkatkan kepercayaan Moms pada kemampuan tubuh untuk meregang dan melahirkan bayi.

  1. Posisi saat melahirkan

Posisi saat melahirkan dapat menghasilkan tekanan yang berbeda pada perineum. Berbaring dengan posisi kaki terangkat atau setengah berbaring dapat menekan tulang ekor dan perineum, ini meningkatkan kemungkinan vagina robek. Berbaringlah dengan piosisi miring, duduk, atau berlutut dengan menaruh dua tangan ke arah depan.

  1. Mengatur pernapasan

Ikuti instruksi dokter dan bidan kapan harus harus mengejan. Saat kepala bayi sudah mulai tampak, biasanya Moms akan diminta berhenti untuk mengejan dan mengambil nafas pendek yang dikeluarkan melalui mulut. Kepala bayi akan keluar dengan lembut dan perlahan sehingga otot dan kulit perineum dapat meregang tanpa robek. Ingat Moms lakukan sesuai dengan arahan bidan dan dokter akan dapat melahirkan normal tanpa jahitan.

Baca juga: Manfaat Senam Hamil Untuk Proses Persalian

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jangan Salah Lagi, Ini Bedanya Tanda Kehamilan dengan PMS