Kedua tenaga medis terlatih ini sama baiknya, asal…

Masih banyak dari Moms yang bingung dengan tenaga ahli yang akan mendampingi nanti ketika melahirkan. Banyak yang bilang bahwa dokter kandungan lebih piawai, namun beberapa lainnya mengatakan bahwa bidan lebih lihai. Lalu harus di dokter kandungan atau bidan ya?

Yang perlu diperhatikan pertama kali adalah kondisi Moms saat hamil. Ada beberapa faktor yang membuat Moms harus memeriksakan dan melahirkan dengan didampingi dokter kandungan atau bidan. Moms juga harus melihat dari jenis layanan persalinan yang tersedia hingga biayanya.

Baca juga: Ketika Moms Takut dengan Persalinan

Dokter Kandungan

Dokter kandungan, atau dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau obgin, adalah dokter yang telah lulus dari sekolah kedokteran spesial di bidang kehamilan, proses persalinan dan reproduksi wanita.

Biasanya, dokter kandungan akan memeriksakan kandungan dengan USG hingga menangani persalinan melalui sesar.

ilustrasi operasi sesar. (BabyCenter)

Jika Moms hamil pada usia di atas 35 tahun atau memiliki kondisi medis serius seperti tekanan darah tinggi, epilepsi, jantung dan lainnya, maka Moms disarankan pergi ke dokter kandungan.

Bidan

Bidan biasanya memiliki waktu lebih banyak untuk memperhatikan Moms secara fisik hingga mental. Biasanya bidan bisa ditemui di rumah sakit, rumah bersalin atau rumah pribadi.

Moms bisa melahirkan dengan didampingi bidan, namun dengan catatan kondisi kehamilan yang normal. Bila tidak, Moms tetap harus dirujuk ke dokter kandungan.

Pilihlah bidan yang telah memiliki izin seperti Surat Izin Kerja Bidan (SKIB) maupun Surat Izin Praktik Bidan (SIPB).

Mulai sekarang, Moms bisa mencari informasi atau referensi dari teman melalui pengalamannya. Selamat mencari tahu, Moms!

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

3 Sebab Bayi Perlu Disusui Tiap Malam