Hyperemesis gravidarum dialami ibu hamil, tetapi tidak ada obat untuk menyembuhkannya karena tidak ada yang tahu apa penyebab sebenarnya.

Istana Inggris mengumumkan bahwa istri dari Pangeran William, Kate Middleton tengah mengandung anak ke tiga. Seperti kehamilan anak pertama dan kedua, yaitu pangeran George dan Princess Charlote. Kehamilan ketiganya ini Kate kembali mengalami Hyperemesis gravidarum (HG), sehingga Ia harus bed rest.

Seperti apa sih Hyperemesis gravidarum (HG), lalu bagaimana gejala dan pengobatannya?

Ini adalah kondisi dimana ketika Moms hamil mengalami mual parah, muntah, penurunan berat badan, dan dehidrasi. Pada kasus yang ringan diobati dengan perubahan pola makan, istirahat, dan antasida (asam yang menetralkan asam-asam). Untuk kasus yang lebih parah Moms biasanya diminta untuk tinggal di rumah sakit, agar Moms mendapatkan nutrisi dari cairan invus. Jangan meminum obat untuk mengatasi masalah ini tanpa berkonsultasi pada dokter ya Moms.

Mayoritas wanita hamil mengalami beberapa jenis morning sickness (70-80%). Studi terbaru menunjukan bahwa setidaknya 60.000 kasus morning sickness parah yang disebut hyperemesis gravidarum (HG)ini telah dirawat di rumah sakit.

Diyakini bahwa mual parah ini disebabkan oleh kenaikan kadar hormon, namun penyebab absolutnya belum diketahui. Gejala hyperemesis gravidarum (HG) biasanya muncul antara 4-6 minggu kehamilan dan mungkin mencapai puncaknya pada 9-13 minggu. Ada beberapa ibu hamil yang merasa lebih nyaman pada usia kehamilan 14-20 minggu. Tetapi ada pula yang merasakan hingga sang bayi lahir.

HG dapat menyebabkan Moms kehilangan cairan dalam tubuh dan kekurangan nutrisi karena selalu menolak dan memuntahkan makanan. Selain dehidrasi Moms juga dapat mengalami kehilangan berat badan. Yang berbahaya adalah, Moms akan mengalami rasa pusing, tekanan darah rendah, pingsan, sampai insufisiensi nutrisi yang berakibat bayi tidak berkembang optimal. Kondisi ini juga menyebabkan Moms cepat lelah, lesu dan tidak berenergi.

Dalam beberapa kasus, jika Moms mengalami HG yang cukup parah, rawat inap di rumah sakit mungkin diperlukan.

Perawatan pada penderita HG biasanya adalah:

  • Bed rest. Ini bisa memberi kenyamanan, tetapi hati-hati dengan efeknya pada otot dan penurunan berat badan karena terlalu banyak istirahat di tempat tidur.
  • Akupresur. Penekanan pada titik tertentu untuk mengurangi mual terletak di tengah pergelangan tangan bagian dalam, tiga jari menjauh dari pergelangan tangan, dan di antara dua tendon. Cari dan tekan dengan kuat, pada satu pergelangan tangan selama tiga menit.
  • Obat-obatan herbal, seperti jahe atau peppermint. Moms bisa mengkonsumsi air jahe hangat atau teh peppermint.
Tags:
0 shares
Previous Post

Ternyata Ini Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Next Post

Menelaah Kebutuhan Cairan pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menelaah Kebutuhan Cairan pada Anak