Telat datang bulan tidak selalu menandakan kehamilan lho! Ada lima hal yang menyebabkan siklus menstruasi telat datang.

Telat datang bulan terkadang memang membuat resah ya Moms. Sebenarnya telat datang bulan adalah keadaan yang normal karena beberapa alasan. Dan keadaan ini bukan berarti Moms sedang hamil. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan telat datang bulan?

  1. Siklus haid yang tidak teratur dari bulan ke bulan. Ini berarti siklus menstruasi Moms bulan lalu adalah 24 hari, dan bulan ini bisa mencapai 32 hari. Bila pada menstruasi bulan ini tidak datang pada saat yang diperkirakan, bisa jadi karena siklus yang sebelumnya belum selesai.
  2. Stres menyebabkan tubuh berovulasi lebih lambat dari biasanya. Tubuh akan melepaskan sel telur dari indung telur untuk mempersiapkan kehamilan, tetapi jika Moms stres, tubuh akan menunda sampai Moms merasa siap secara emosional. Ini berarti ovulasi bisa terlambat hingga seminggu lebih lambat dari biasanya atau menstruasi bisa terlewat sama sekali.
  3. Sakit atau terluka. Jika tubuh tidak sehat, maka tubuh tidak bisa menghadapi kehamilan. Tubuh akan berovulasi bila terasa sehat kembali. Ini bisa menunda menstruasi atau menghentikannya sama sekali.
  4. Moms tidak cukup makan atau berolahraga terlalu intens. Ini akan mempengaruhi kesehatan Moms secara keseluruhan. Jika tubuh bekerja terlalu keras untuk menjaga kesehatan, maka tidak mungkin kehamilan bisa terjadi. Mungkin Moms akan telat datang bulan, tidak teratur, atau tidak sama sekali sampai tubuh merasa kesehatan telah kembali.
  5. Mengkonsumsi obat-obatan baru. Mengambil beberapa resep atau mengganti obat-obatan dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Jadi bicarakan pada dokter, jika Moms telat datang bulan.

Saran: Jika siklus mentruasi teratur dan menstruasi Moms sangat terlambat, cobalah melakukan tes kehamilan agar Moms tidak merasa kebingungan. Apapun hasilnya, Moms pasti tahu keputusan yang terbaik.

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Sebab yang Paling Sering Bikin Kamu dan Pasangan Bertengkar