Tujuan mengajarkan anak berpuasa adalah agar imannya terbentuk sejak dini. Jangan memaksa anak ya Moms, karena si kecil belum wajib untuk berpuasa penuh satu hari.

Menurut agama, Moms bisa mulai mengajari anak berpuasa ketika si kecil berusia 7 tahun. Kenalkanlah si kecil berpuasa sebelum usia akil baligh. Tetapi, Moms bisa mulai mengajarkan anak berpuasa sejak dini ketika usianya memasuki 5 tahun. Sesuaikanlah  dengan kemampuan dan kesehatan anak. Misalnya, Moms bisa mulai mengajarkan si kecil berpuasa selama dua hingga 3 jam.

Jika si kecil sudah terbiasa berpuasa, Moms bisa meningkatkan waktu berpuasanya tahun depan menjadi empat hingga enam jam. Nah, ketika si kecil memasuki usia akil baligh ia sudah terbiasa berpuasa penuh seperti orang dewasa dan punya motivasi yang kuat untuk menjalani ibadah di bulan Ramadhan.

Saat mengajarkan anak berpuasa, jangan memaksa anak ya Moms. Jika Moms memaksa dan mengancam, anak akan mengingat bahwa puasa adalah beban dan hal yang traumatis. Dalam Islam sendiri tidak menghendaki adanya unsur paksaan dalam mendidik anak. Cukup berikan mereka motivasi.

Di awal latihan berpuasa adalah masa penyesuaian tubuh terhadap rasa lapar. Mungkin si kecil akan terlihat lemas dan mengantuk, biarkan saja mereka menghabiskan waktu untuk tidur siang tetapi jangan berlebihan juga ya Moms. Tetap berikan aktivitas yang menyenangkan agar mereka tidak menjadi pemalas.

Doronglah anak menjalankan kegiatan positif seperti belajar mengaji atau ramai-ramai bersama teman-temannya pergi ke masjid untuk mengaji dan sholat bersama. Bagunlah suasana yang positif agar si kecil mengingat puasa sebagai hal yang menyenangkan dan patut dijalani sepenuh hati.

Moms dan Dads wajib lho memberikan teladan yang baik, karena anak belajar dari orang tuanya. Usahakan Moms dan Dads tidak mengeluh atau menunjukan sifat negatif soal berpuasa ya.

Baca juga: Kapan Si Kecil Siap Masuk SD?

Tags:
0 shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Amankah Berpuasa Saat Hamil?